Woensdag 26 Junie 2013

RADANG DAN BEBERAPA PENYAKIT LAIN PADA ALAT-ALAT GENENETALIA PADA WANITA


RADANG DAN BEBERAPA PENYAKIT  LAIN PADA ALAT-ALAT GENENETALIA PADA WANITA

      RADANG
            Pada wanita terdapat hubungan dari dunia luar dengan rongga promontorium melalui vulva,vagina ,uterusdantuba fallopi . untuk mencegah terjadinya infekksi dari luar untuk menjaga jangan sampai infeksi meluas , masing-masing alat troktuktus genetalis memiliki mekanisme pertahanan .
     Leokorea
          Leokorea(white discharge,four albus,keputihan ) adalah nama gejala yang diberikan kepada cairan yang dikeluarkan dari alat-alat genetalia yang tidak berupa darah . mungkin leokorea merupakan gejala yang paling sering dijumpaipada penderita ginekologik adnya gejala ini mengotori celana
     Vulva
      Pada radang vulva (vulvits) vulva bengkak,merah agak nyeri kadang-kadang disertai dengan gatal.
      Umumnya vulvitis dapat dibagi 3 golongan :
a)      Bersifat lokal
b)       yang timbul bessama-sama atau sebagai akibat vaginati
c)      Yang merupakan permulaan atau manifestasi dari penyakit umum
      Yang termasuk kedalam rongga vulvilitis lokal adalah
1)      Infeksi pada kulit ,termasuk rambut ,kelenjar-kelenjar sebaseadan kelenjar-kelenjar keringat.infeksi yang timbul akibattrauma luka atau sebab lain dan dapat menimbulkan folikulitis,furunkolisis ‘hidradenitis.
2)      Infeksi pada orifisum urettra eksternum ,glandula paraurethalis. Infeksi ini disebabkan oleh gonorea .
3)      Infeksi glandula bartholini
Infeksi pada glandula bartokini sering kali timbul pada gonorae ,akan tetapi dapt pula mempunyai sebab lain misalnya steptokokkus dan basil koli. Pada kelenjar barholintis akuta kelenjar membesar ,merah,nyeri,dan lebih panas didaerh sekitarnya
    Herpes genetalis
  Herpes genetalis disebabkan oleh tipe 2 herpes virus hominis yang drkat hubungannya dengan tipe 1 herpes virus simpleks penyebab herpees labialis.
    
     
       Kamdiloma akuminata
 Kandiloma akuminata berbentuk seperti kubis dengan di tengah jaringan ikat ada tutup terutama bagian atas oleh epitel dengan hiperkerotosis.
       Vulvitis diabetika
Pada vulvitis duiabetika ulva merah dan sedikit bengkak . keluhan terutama rasa gatal , disertai ras nyeri. Jaringan padapenderita diabetesmengandung kadar glukosa tinggi , dan air kencing dengan glukosuriamenjadi penyebab peradangan 
      Vagina
 Flora vagina terdiri atas banyak kuman , antara lain basil doderlein ,stertokokus,stafilokokus,ddifteroid yang dalam keadaan normal ,hidup dalam simbiosis antara mereka. Jika simbiosis ini terganggu , dan kuman-kuman ini dapat berkembang biak maka timbullahvaginatis nonspesifik.
         Trikoriminiasis
Vulvovaginitis disebabkan oleh trikomonas vaginalis . trikomonas vaginalis adalah suatu parasit dengan flagela bergerak aktif yang menyebabkan peradangan .
           Kandisiasis
 Kandisiasis adalah infeksi yang di sebabkan albikans , suatu jamur gram positif yang mempunyai benang-benang pseudomiselia .kandida albikans menyebabkan leukorea berwarna keputih-putihan dan perasaan sangat gatal.
         Vaginatis emfisematosa
Penyakit ini jarang terdapat ,dan pada umumnya dijumpai pada wanita hamil . pada vaginatis ini ditemukan radang dengan gelembung-gelembung kecil berisi gas pada dinding.

       vagina porsio uteri.
Serviks uteri adalah penghalang penting bagi masuknya kuman-kuman kedalam genetalia interna. Tetapi pad radang serviks uteri bisa terdapat porsio uteri dari ostium uteri eksternum.
        Endometritis kronita
 Endometritis kronita tidak seberapa yang sering terdapat ,oleh karena infeksi yang tidak dalam masuknya pada miomertrium ,tidak dapat mempertahankan diri karena pelepasan lapisan fungsional dariu endometrium pada waktu haid.
     

          Piometra
Piometra adalah pengumpulan nanah dikavum uteri karena stenosis katalis servikalis oleh karene salah saatu sebab ,seperti karsinoma sevisis uteri ,amputasi serviks,akibat radiasi,endometristis tuberkolosadan penutupanostium ueteri internum karena involusi uterus dan sesudah menopaause.

       Metritis
Metristisatau miometritis adalah radang miometrium . metritis akuta biasanya terdapat pada abortus septik atau infeksi post partum.
 Pada penyakit ini miometrium menunjukan reaksi radang berupa pembengkakan dan infiltrasisel-sel radang.
       Metritis kronika
 Metritis kronika adalah diagnosa,yang dahulu banyak dibuat atas dasar menometroragiadengan uterus lebih besar dari biasa,sakit pinggang dan leukoria.
        Perimetritis
Perimetritis adalah radang serosa yang memiliki yterus . radang inimerupakan bagian dari  radang peritnium pelvik.
        Parametritis akuta
Apabila kuman-kuman ini dengan jalan limfe atau darah melewati batas uterus dan sampai ke jaringan ikat diparametium, maka terjadi paramitris akuta. Infeksi ini di sebabkan steptokokusdan stapilokokus.
         Peritonitis pelvika
Radang pada pelvik. Jika bernanahmaka nanah berkumpul dikavum douglasi.
Kelainan-kelainan lain vulva
        Pruritis vulva
 Pruritis vulva atau gatal pad vulva adala salah satu gejala yang sangat mengganggu                                                                                                                 serta menyesalkan penderita,dan sering susah di sembuhkan.

           Kraurosis vulva
Penyakit ini terdapat atrofi dengan penipisan dari fibrosis kulit vuva yang mengakibatkan mengkerutnya kulit dan stenosis introitus vagina.
                                     
Leukoplakia vulva

 Kulit vulva yang terkena kelainan ini menjadi tebal,keras,putih,dan rapuh sehingga         dapat menimbulkan luka-luka kecil ditempat yang bersangkutan .

Likhen skelerosis et antrofikans
                                 
Penyakit ini bisa juga timbul pada bagian tubuh selain vulva, terdapat antrofi dan skleroderma. Pada tempat yang terlibat, kulit memutih dan berkilat dengan bats-batas yang jelas.

Kelaianan pada uretra

 Uretra termasuk bagian dari traktus genetalis . berikut ini kelainan pada uretra bukan        radang .

Karunkula uretra

Karunkula uretra merupakan suatu polip pada tungkai belakang ostium uretra eksternum ,dan berwarna merah.

Tumor-tumor jinak pada alat genitalia
Vagina
a.       Tumor kistik
 Tumor-tumor pada vagina bersifat sama dengan yang didapatkan di vulva. Tumor vulva dan vagina hendaknya dibedakan dari vaginatis emfisematosa. Dapat juga kista saluran muller terjadi di dekat serviks.
       b .tumor soloid
 pada umumnya juga mempunyai uretra dan yang terdapat pada vulva , kecuali granuloma,tumor miksoid serta adenosis vagina.
·         Granuloma 
 bukan neoplasma yang sebenarnya . jaringan merupakan granulasiyang berbatas -batas, sering kali berbentuk polip terjadi pada bekas operasi kolporasi dan histeroktomi total dan dapat bertahan samai bertahun-tahun.
·         Tumor miksoid vagina
konsistensi lunak seperti kista berisi jaringan miksomatosa,jaringan pengikat dan jaringan lemak seperti yang biasa terdapat pada daerah glutea .
Asisadenosis vagina : berasal dari sisa saluran paramesonefridikus muller berupa tumor jina,terutama dekat serviks uteri terdiri dari epitel torak yang mengeluarkan mukus .
Uterus
Ektoserviks
Kista sisa jaringan embrional ;berasal dari saluran mesonefridikus wolffiyang terdapat di dinding samping ektoserviks .
Kista endometriosis : letaknya superfisial
Folikel atau kista nabothi: kista retensi kelenjar endoserviks,biasanya terdapat pada wanita multi para, sebagai penampilan serviks.kista ini jarang mencapai ukuran besar berwarna kulit mengkilat berisi cairan mukus.kalau kista ini menjadi besar dapat menyebabkan rasa nyeri.
Papiloma:dapat tunggal maupun multipel seperti kandilomo akuminata.kebanyakanpapiloma ini adlah sisa epitel yang terlebih pada trauma bedah maupun persalinan.
Hemangioma :jarang,bisa terletak superfisial ,dapat membesar pada waktu kehamilan,dan dapat menyebabkan metroragi.
Endoserviks
Polip: sebetulnya adalah suatu adenoma maupun adenofibroma yang berasal  dari selindir endoserviks.
Endometrium
 Polip endometrim :sering didapati ,teruma dengan pemeriksaan hiteroskop